Sistem Hidrolik Pada sepeda motor
Macam-macam Sistem Hidrolik
Hidrostatis : Pesawat hidrolik yang menggunakan sifat zat cair yaitu dapat meneruskan tenaga / daya kesegala arah Contoh : Dongkrak hidrolik, rem hidrolik, derek lantai
Hidrodinamis : Pesawat hidrolik yang menggunakan potensi zat cair yang bergerak sehingga memiliki / menimbulkan tenaga hidrolik Contah : Turbin air, pembangkit listrik
Prinsip kerja sistem hidrolik
Bertahun-tahun lalu manusia telah menemukan kekuatan dari perpindahan air, meskipun mereka tidak mengetahui hal tersebut merupakan prinsip hidrolik. Sejak pertama digunakan prinsip ini, mereka terus menerus mengaplikasikan prinsip ini untuk banyak hal untuk kemajuan dan kemudahan umat manusia. Prinsip kerja yang digunakan yaitu hukum pascal.
Hukum Pascal Dan Penerapannya
Prinsip-prinsip Penting dari Zat Cair/ Hidrolik
Cairan tidak dapat dimampatkan/ dikompresikan / diperkecil volumenya
Hukum Pascal :
Tekanan yang diberikan pada zat cair / hidrolik dalam bejana tertutup, besarnya tekanan akan diteruskan ke segala arah, dengan tekanan sama besar
Fluida terdiri atas zat cair [liquid], satuan tekanan yang digunakan Standard Internasional (S1) ialah Pascal (Pa).
Sistem Kelistrikan Sepeda Motor
Pada ruang bakar tersebut karena adanya perbedaan tegangan pada kedua elektroda busi.Loncatan bunga api pada elektroda busi terjadi pada saat celah platina membuka. Denganadanya loncatan bunga api tersebut maka terjadilah pembakaran bensin pada ruang bakar.
Sistem Penerangan dan Sistem Tanda
Penerangan berfungsi terutama pada malam hari, tetapi pada waktu hujan atau udara berkabut penerangan juga diperlukan. Sistem penerangan sepeda motor terdiri atas lampu kepala danlampu belakang. Lampu kepala terdiri atas lampu jarak jauh dan lampu jarak pendek.Sebagian sepeda motor ada yang dilengkapi dengan lampu kota.Yang dimaksud dengan sistem tanda adalah sistem pemberian tanda dengan lampu. ataudengan bunyi Sistem tanda pada sepeda motor terdiri atas klakson, lampu tanda belok danlampu rem. Sistem tanda erat sekali hubungannya dengan keselamatan pengendara sepedamotor karena sistem tanda berguna sebagai pemberi peringatan kepada pemakai jalan lainnya.
Sistem Starter
Sistem starter elektrik digunakan pada beberapa sepeda motor. Starter elektrik mengubahtenaga listrik menjadi tenaga mekanik untuk memutar poros engkol. Sepeda motor yangmenggunakan elektrik juga dilengkapi dengan starter mekanik karena jika starter elektriknyarusak atau baterainya tidak kuat untuk menggerakkan starter elektrik maka sepeda motormasih bisa dihidupkan dengan starter mekanik.
Sistem Pengisian Sepeda Motor
Listrik pada sepeda motor sangat penting manfaatnya. Sebab tanpa adanya listrik, maka lampu-lampu pada sepeda motor tidak dapat menyala. Tanpa listrik juga sistem pengapianyang berguna untuk memercikkan busi, tidak akan terjadi. Hal ini tentu mengakibatkan mesintidak dapat hidup. Listrik pada sepeda motor disuplai dari aki dan sistem pengisian. Namunyang paling penting dan utama dalam suplai listrik adalah sistem pengisian. Sebab suplailistrik yang dapat aki berikan hanya beberapa jam saja, untuk itulah diperlukan sistem pengisian. Pada saat mesin hidup sistem pengisianlah yang mengambil alih suplai listrik,sementara saat mesin mati atau mau distarter, maka akilah yang memberikan suplai listrik.Sistem pengisian tak hanya sebagai suplai listrik, tapi mengisi kembali aki yang telah kosong.Sehingga ketika mesin mau dinyalakan, aki siap mensuplai listrik.Komponen sistem pengisian di sepeda motor, pada dasarnya hanya ada 2 yaitu ;
1. Sepul
Adalah sebuah gulungan yang terletak di dalam mangkok magnet. Gulungan dari kawattembaga ini akan menghasilkan listrik bila terpotong oleh garis gaya magnet. Sepul untuksepeda motor lama biasanya ada 2 macam. Sepul pengapian dan sepul lampu. Sepul untuk pengapian ini adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai ke sistem pengapian.Sedangkan untuk sepul lampu adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai lampudan juga untuk pengisian ke aki. Tapi pada sepeda motor baru sekarang sepul pada sepedamotor hanya ada Satu sepul ini sudah memenuhi kebutuhan untuk suplai listrik ke pengapian, lampu – lampu dan untuk sistem pengapian
.2. Kiprok / regulator
Adalah komponen elektronika yang berguna mengatur aliran arus listrik ke lampu – lampu dan ke aki. Kelebihan arus listrik, akan dibuang ke aki. Sehingga lampu depan padakendaraan tidak putus. Bila kiprok rusak, maka lampu depan akan mudah putus. Sebab tidakada pembatas listrik yang disuplai ke lampu – lampu.
Kelebihan arus listrik ini disebabkankarena putaran mesin yang naik lebih tinggi. Hal ini terjadi pada saat gas ditarik. Putaranmesin naik, yang berakibat putaran mangkok magne pun naik. Listrik yang dihasilkan pun jadi semakin naik.Untuk memahami sistem pengisian yang rusak ada bebarapa ciri, salah satunya sudah sayasebutkan di atas yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah aki mudah tekor. Jikastarter dan klakson tidak bekerja dengan baik, disebabkan aki tekor. Maka tak salah lagi berarti aki tidak mendapat suplai listrik dari sistem pengisian. Bila aki sudah berumur lebihdari 2 tahun, memang berarti akinya yang sudah rusak. Tapi bila aki masih baru, tapi tekorterus, berarti sistem pengisian yang tidak berjalan dengan baik. Kerusakan untuk kasus ini, biasanya disebabkan sepul kelistrikan yang sudah rusak. Cara perbaikannya adalahmengganti sepul tersebut. Sekian sedikit pengenalan saya tentang sistem pengisian. Semogadapat anda mengerti penjelasan saya.
Sistem pengapian Sepeda Motor
Pada sepeda motor dan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin, tentunyamenggunakan busi untuk melakukan pembakaran di ruang bakar. Pembakaran ini terjadidengan memberikan ke listrik pada busi sehingga terjadi lompatan bunga api listrik di busi.Untuk dapat menghasilkan lompatan bunga api tersebut, maka listrik yang diberikan ke busiharus memiliki tegangan yang lebih tinggi, berkisar 18.000 volt. Sedangkan tegangan listrik pada sepeda motor hanya berkisar 12 volt. Untuk itu harus ada mekanisme komponenkelistrikan yang meningkatkan tegangan dari 12 volt menjadi 18.000 volt.Komponen dari sistem pengapian pada sepeda motor ada 2 macam. Tipe yang pertama adalahtipe konvensional dan tipe yang kedua adalah tipe CDI. Untuk tipe konvensional adalahmasih menggunakan platina. Untuk kali ini saya akan bahas komponen sistem pengapian darikedua tipe tersebut. Komponennya adalah:1.Tipe konvensionalPada tipe ini masih menggunakan platina. Namun untuk sepeda motor keluar sekarang tipeini sudah tidak ada. Komponen sistem pengapian dari tipe ini adalah;a.sepul pengapian b.Platinac. Kondensord. Coil ( Koil)e. Busi2. Tipe CDIPada tipe ini platina digantikan oleh komponen elektronika yang bernama CDI. Sistem pengapian tipe ini lebih akurat. Maka itu tipe inilah yang digunakan pada sepeda motorsekarang. Komponen
–
komponen sistem pengapian CDI adalah:a. Sepul pengapian b. CDIc. Coil (koil)d. BusiBerdasarkan daftar komponen di atas, dapat dilihat komponen yang sama dan komponenyang berbeda dari kedua tipe sistem pengapian pada sepeda motor. Untuk pada mobil, akansaya bahas pada postingan berikutnya. Sedangkan untuk penjelasan dari masing komponen,tunggu juga di postingan berikutnya. Sekian pengenalan sistem pengapian pada sepeda motoruntuk tipe konvensional dan tipe CDI. Semoga penjelasan saya dapat Anda mengerti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga bermanfaat😊